Siswa SD MUTU Krembung Ikuti Pesantren Akhlak ‘Ramadhan Is Your’s’

Suasana dalam Ramadhan Champ, saur berama-sama. as

Sidoarjo Pos-Seluruh siswa SD Muhammadiyah 1 (MUTU) Krembung, Kabupaten Sidoarjo telah mengikuti Kegiatan Pesantren Akhlak. Kegiatan yang bertemakan ‘Ramadhan Is Your’s’ tersebut dilaksanakan pada Ramadhan tahun 1439 H ini, tepatnya mulai tanggal 21 hingga 25 Mei 2018.

             Kegiatan pesantren akhlak kali ini bertujuan untuk menumbuhkan karakter peduli, berakhlaq mulia serta  kemandirian, bagaimana cara melaksanakan  puasa ramadhan dengan senang hati, agar tidak terasa berat dalam melaksanakan perintah Allah  SWT. “Inilah tujuan pemahaman yang diberikan kepada seluruh peserta didik kami, sehingga amalan berpuasa ini bisa dilakakan secara matang, dan menjadi lebih berkah serta bermanfaat,” tutur IZUDDIN KARIM S.Pd.I selaku Kepala Sekolah saat ditemui disela-sela kegiatan, pada(25/5/2018) di Gedung SD MUTU Krembung Sidoarjo.

            Ketua Pelaksana Ruly Rachmawati, S.Pd menjelaskan kalau kegiatan ini diantaranya adalah peningkatan iman dan taqwa, pengenalan diri, peningkatan kedisiplinan, games seram (seru ramadhan) dan takjil on the road. Termasuk juga ramadhan camp, cooking ramadhan serta sahur bersama. “Jadi pembiasaan disiplin dapat dimulai dari hal kecil, seperti menata sepatu dan sandal dengan rapi, membuang sampah di tempat sampah yang sebenarnya, juga sholat harus tepat waktu,” jelas Ruly Rachmawati.

                          sd mutu-krembung-takjil

            Menurutnya, kegiatan pesantren akhlak  ini dikonsep semenarik mungkin, dengan tujuan membuat ramadhan siswa lebih berkesan dan tidak monoton. “Sehingga siswa tidak merasa jenuh saat berpuasa. Sampai- sampai di ramadhan camp,  para siswa kebanyakan tidak mau tidur, karena begitu bahagianya mereka merasakan malam ramadhan di sekolah secara bersama teman-temannya,” jelasnya.

           “Saya berharap setiap tahun SD MUTU Krembung mengadakan Pesantren Akhlak, karena melalui kegiatan ini kita bisa menambah ilmu dan ketaqwaan kita kepada Allah. Selain itu kami bisa lebih lama bermain bersama teman-teman di sekolah yang sangat menyenangkan. Saya senang dengan adanya kegiatan ini,” ungkap Monica siswa Kelas 3 Utsman dengan riangnya. as

Komentar