Siswa SD Nurul Hikmah Buat Alat Deteksi dan Varian Rasa Telur Berprestasi Internasional

Tim kelas 3 peraih emas AISEEF 2021

Sidoarjopos-Dua tim asal SD Nurul Hikmah Sidoarjo berhasil mengukir prestasi yang membanggakan, yakni meraih penghargaan medali emas dalam ajang AISEEF (ASEAN Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair) 2021.

Mereka siswa-siswi kelas tiga, diantaranya Olivia Earilin Syifa, Altair Rafiuddin Faroid, Wina Indriane Eka Putri dan Kenzie Akassa tema yang diusung ‘Salted Eggs With Varios Flavor (An Alternative To Increasing TheSelling Value of Duck Eggs).

 “Sebuah inovasi menciptakan rasa telur dengan berbagai varian, diantaranya rasa coklat. Dengan harapan bisa menambah nilai jual, selama ini telur asin yang didominasi orangtua, sementara dengan ciptaan siswa kami rasa coklat bisa bisa dinikmati anak-anak,” tutur guru pendampinnya Nur Afifatuz Zuhriyah, pada Senin (29/3/2021).

Sedangkan untuk tim satunya lagi berhasil meraih prestasi medali emas dan sebagai special award IYSA (Indonesia Youn Scientist Assocation) dalam ajang AISEEF (ASEAN Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair) 2021. Mereka adalah siswa kelas 4, yaitu Izdihar Mekkah Al Muntazam dan Najma Aisyah Ashana adapun tema yang diusung adalah Egg Feshness Detector Based On RGB Arduino Sensor.

Tim kelas 4 peraih emas dan spesial Award dalam AISEEF 2021
Tim kelas 4 peraih emas dan spesial Award dalam AISEEF 2021

Jadi alat ini adalah berfungsi untuk mendeteksi kondisi telur pada umumnya, yakni kondisi terlur baik dan telur jelek bisa diketahui dengan alat tersebut. “Cara kerjanya kita ambil satu per satu telur-telur tersebut, setelah itu kita nyalakan lampu dan alat sensornya. Jika telurnya baik akan keluar tulisan ‘Telur Baik’ dan sebaliknya jika kondisi telurnya jelek akan keluar tulisan ‘Telur Jelak’” jelas guru pencampingnya Silvia Asvinia.

Kepala SD Nurul Hikmah Sidoarjo Khofiah Lidiakara, S.Psi juga menuturkan kalau pihak sekolah selalu mensupport kegiatan siswa-siswanya untuk meraih prestasi. “Alhamdulillah, Sekolah Nurul Hikmah kembali menorehkan prestasi walaupun kondisinya di tengah pandemi. Harapan kami semoga dapat disebarluaskan sebagai sarana inspirasi dan memotivasi generasi Indonesia, semakin gemilang untuk suksesnya pendidikan,” harapnya. asgi

Komentar