Siswa-Siswi Baru SD SMP dan SMA Al Muslim ‘Digembleng’ Matrikulasi

Siswi SD Al Muslim sedang mengikuti Martikulasi. as

Sidoarjo Pos-Bertujuan untuk mengejar ketertinggalan pada mata pelajaran. Siswa-siswi SD, SMP dan SMA Al Muslim Waru Sidoarjo digembleng Matrikulasi. Mereka diberi tambahan pelajaran/keteramilan dasar bagi siswa dan siswi yang baru, diantarnya adalah mengaji.

Menurut Humas Al Muslim, Siti Aminah mengatakan kalau kegiatan ini merupakan satu program kesiswaan sekolah Al Muslim yang sudah menerapkan Full Day School, yang selenggarakan sebelum awal tahun pelajaran baru. Yakni mulai tanggal 10 hingga 14 Juli 2017, pukul 07.30-13.00 WIB. “Jadi para siswa masuk lebih awal dari tanggal yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, tanggal 17 Juli 2017,” katanya.

Matrikulasi ini diharapkan  dapat berfungsi sebagai jembatan yang dapat mengatasi kesenjangan pengetahuan, dan keterampilan dasar yang dimiliki para siswa baru, terutama mengaji. Mengaji yang notabene berasal dari berbagai sekolah dengan kemampuan yang beragam, alias heterogen untuk dapat megikuti pembelajaran di SMP dan SMA Al Muslim. “Bagi siswa kelas VIII dan IX SMP dan kelas XI dan XII SMA kegiatan Matrikulasi bertujuan untuk mengejar ketertinggalannya pada mata pelajaran UN. Sehingga dengan adanya matrikulasi ini,  ketidak siapan yang disebabkan bekal awal yang tidak memadai ini dapat diminimalisir,” tutur Siti Aminah, Senin(10/7/2017).

Sementara pada unit SD bertujuan untuk pendalaman dan pengayaan materi mengaji yang belum memenuhi target mengaji sesuai level kelas II-VI. Oleh karena itu, para siswa digembleng selama 5 hari diharapakan dapat mengejar ketertinggalannya, dan menyamakan bekal awal siswa agar antara satu siswa dengan yang lainnya tidak terlalu berbeda. “Sehingga akan lebih memudahkan guru dalam proses belajar mengajar utamanya pada materi mengaji. Itulah harapan kami,” pungkas Siti Aminah. as

Komentar