Siswa-Siswi SMP Al Muslim Memperkuat Karakter Melalui Pelatihan Shalat Khusu’

Nampak para siswa-siswi Al Muslim sedang berlatih shalat khusu'. as

Sidoarjo Pos-Shalat adalah paramater ibadah bagi setiap muslim, jika baik ibadah shalatnya maka, baik pula amal ibadah yang lainnya dan begitu sebaliknya. Oleh sebab itu dalam rangka memperingati Isro’ Mi’roj, SMP Al Muslim menggelar pelatihan shalat khusu’yang dibimbing oleh Ustad H. Abdul Aziz pada (21/42017).

Kegiatan tersebu telah diikuti oleh seluruh siswa kelas 7 dan 8, yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al Auran oleh Najwaa Afifah Fauziah dan sari tilawah Amanda Nabila Putri Aliyah.

Ketua Panitia Pelatihan Shalat Khusu’ Siti Aminah menuturkan kepada siswa-siswinya kalau mendirikan shalat bukanlah hanya sekedar menggugurkan kewajiban. Namun, shalat harus menjadi  kebutuhan bagi setiap muslim. Pelatihan shalat khusu’ ini sebagai pembelajaran bagi siswa-siswi agar kualitas diri dan ibadahnya dapat lebih meningkat, uatamanya ibadah shalat.

Menurutnya, shalat adalah merupakan program pembisaaan bagi siswa-siswi setiap hari di SMP Al Muslim. “Utamanya waktu shalat dhuhur dan ashar, yang dilakukan secara berjamaah di sekolah dengan didampingi oleh para guru,” tuturnya.

Dalam praktiknya, Abdul Aziz selaku pembimbing menjelaskan,  kalau setiap gerakan shalat menyehatkan badan, apabila dilakukan dengan benar. Misalnya, manfaat takbiratul ihrom, akan melancarkan aliran darah dan kekuatan otot lengan.

Begitu juga dengan gerakan rukuk, postur ini menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Rukuk yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus, sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. “Termasuk manfaat i’tidal, melatihan pencernaan menjadi baik. Sedangkang manfaat sujud, akan mencerdaskan, karena oksigen bisa mengalir maksimal ke otak,” jelas Abdul Aziz. as

Komentar