Siswa SMA Negeri 2 Terima ‘Jaksa Masuk Sekolah’ Program Unggulan Kejari Sidoarjo

Para siswa yang aktif bertanya mendapatkan hadiah dari Kerjari Sidoarjo. asgi

Sidoarjopos-Antusias siswa SMA Negeri 2 Sidoarjo dalam mengikuti program sadar hukum yang digagas oleh Kejaksaan Negeri Sidoarjo cukup baik, banyak diminati oleh para siswa. Terbukti, pelaksanaan pengenalan hukum, sadar hukum sejak dini yang dilakukan petugas Kejari Sidoarjo banyak dihujani pertanyaan-pertanyaan oleh para siswa.

Program yang bertemakan ‘Jaksa Masuk Sekolah’ Kita Tingkatkan Sadar Hukum Untuk Indonesia Yang Lebih Baik tersebut dibuka langsung oleh Kasi Intel Kejari Sidoarjo Idham Kholid SH MH dengan pelaksana Joko Prawoto SH MH, Anang Arya Sukma SH MHum, Guruh Wicahyo P. SH MH, Ibnu Sina SH, Muklis Sugiarto SH dan Ahsanul Kholiqin dengan didampingi Kepala SMAN 2 Sidoarjo Drs FA Nurseno MPd berserta jajarannya, pada (24/3/2021) pagi.

Kepala SMAN 2 FA Nurseno dengan Kasi Intel Kerjari Sidoarjo Idham Kholid. asgi
Kepala SMAN 2 FA Nurseno dengan Kasi Intel Kerjari Sidoarjo Idham Kholid. asgi

Kasi Intel Kejari Sidoarjo Idham Kholid menegaskan ‘Jaksa Masuk Sekolah’ merupakan program unggulan dalam meningkatkan hukum usia dini.

Adapun materi produk hukum yang diberikan, disosialisasikan kepada anak-anak remaja atau siswa diantaranya adalah terkaik masalah narkoba, proses hukumannya seperti apa. Juga terkait dengan anti korupsi, termasuk juga tentang UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) penggunaan media sosial. Bagaimana saat mengunggah di Medsos harus ada etikanya, jangan sampai melanggar ketentuan hukum yang sudah ada. Juga terkait tugas-tugas Jaksa dalam persidangan seperti apa. “Intinya kenali hukum, jauhkan dari hukuman,” tegas Idham Kholid.

Usai mendampingi Kasi Intel Kejari Sidoarjo, Kasek SMAN 2 Sidoarjo Nurseno berharap kepada para siswa yang telah mengikuti program tersebut agar bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jadi ini memang program dari Kejari Sidoarjo yang ingin mensosialisasi hukum kepada generasi penerus bangsa.

Proses pembukaan program unggulan 'Jaksa Masuk Sekolah'. asgi
Proses pembukaan program unggulan ‘Jaksa Masuk Sekolah’. asgi

Lanjutnya, para siswa ini agar kenal hukum lebih awal. “Dengan Jaksa Masuk Sekolah ini kita harapkan mereka bisa lebih memahami hukum. Karena siswa-siswa ini adalah generasi penerus bangsa,” harap Nurseno.

Sementara itu, Waka Kesiswaan SMAN 2 Sidoarjo Ririn Faridah SPd MPd juga menambahkan para siswa yang ikut adalah kelas X dan XI. Karena kondisinya masih pandemi virus Covid 19, jadi tidak semuanya ikut, tetapi dibatasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang yang ketat. “Walaupun dibatasi, namun para siswa tidak juga sangat antusias mengikuti paparan, sosialisasi yang diberikan oleh para Jaksa, terbukti banyak pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan,” tambahnya. asgi

Komentar