Siswa SMAMITA Implemtasikan Pelajaran Agama Islam Dengan Manasik Haji

Para siswa sedang melakukan thowaf dan membaca talbiyah dalam kegiatan manasik haji. as

Sidoarjo Pos-Kegiatan atau praktek manasik haji ternyata membuat para siswa lebih senang, karena bisa mendapatkan ilmu/pelajaran bagaimana caranya menuniakan ibadah umroh dan ibadah haji. Selain itu, juga sebagai implementasi palajaran Agama Islam di luar kelas. Apalagi pratek di luar kelas biasanya lebih cepat dipahami oleh para siswa.

         Itulah yang dilakukan SMA Muhammadiyah 1 Taman (SMAMITA) Sidoarjo, (8/3/2018) tadi pagi di halaman Masjid Al Akbar Surabaya. Semua para pelajar SMAMITA Sidoarjo, khususnya kelas XII IPA dan IPS telah mengikuti program manasik haji tersebut.

      Sehingga ratusan pelajar SMA Muhammadiyah 1 Taman (SMAMITA) Sidoarjo sangat antusias mengikuti kegiatan manasik haji. Kegiatan manasik haji yang diberikan kepada para siswa dan siswi kelas XII IPA dan IPS tersebut merupakan implementasi mata pelajaran agama Islam di luar kelas.

      Amin siswa kelas XII IPA 1 mengaku senang mengikuti manasik haji. Walaupun di sekolah juga sering dilakukan, namun kali ini lebih lengkap dan lebih detail. Termasuk dalam praktek thowaf dan membaca talbiyah serta mencium hajar aswad. “Jadi kita sudah mendapat wawasan atau ilmu, jika nanti melakukan ibadah umroh dan haji itu kegiatan seperti ini,” jelas Amin.

         Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Nurul Musdholifah menuturkan, kalau kegiatan ini, selain itu juga sebagai upaya peningkatan kedisiplinan dalam beribadah, khususnya Ibadah Umroh dan Ibadah Haji, yang berimbas kepada ibadah-ibadah yang lain.

       Menurutnya, sebelumnya anak-anak juga sudah sering melakukan beberapa kali simulasi di sekolah. Ada sekitar 5 siswa yang pernah melakukan umroh menjadi pemandu dalam simulasi-simulasi tersebut. “Setelah mereka semuanya paham, akhirnya kami lakukan secara bersama-sama di halaman Masjid Al Akbar ini, dan ternyata meraka sangat antusias,” tutur Nurul Musdholifah disela-sela memantau kegiatan manasik haji bagi siswanya.

            Jadi kegiatan ini sebenarnya juga merupakan sebagai ujian praktek anak-anak kelas XII, semua mata pelajaran itu sudah ada prakteknya masing-masin. Jadi ini yang merupakan pratek pelajaran Agama Islam, yakni dengan pratek manasik haji, meskipun itu sudah ada di kompetensi dasarnya. “Jadi yang diujikan adalah proses mulai awal tatacara ibadah itu, termasuk bagaimana cara memakai pakain ihramnya, lempar jumrohnya dan lainnya,” pungkas Bu Nurul_sapaan akrabnya. as

Komentar