Siswa SMPIT Insan Kamil Implementasikan Langsung Makna Idul Adha 1438 H

Para siswa SMPIT Insan Kamil nampak tekun menjalankan ibadah sholad idul adha. as

Sidoarjo Pos-Puncak kegiatan Iedul Qurban/Idul Adha 1438 H di lingkungan SMPIT (Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu)  Insan Kamil, Sekardangan, Sidoarjo adalah menyembelihan hewan qurban, dan dibagi-bagikan secara langsung ke warga sekitarnya. Sebelumnya, dalam menjalankan sholad Idul Adha semua siswa juga terlihat tekun menjalaninya.

            Ada sebanyak 5 ekor sapi dan 49 ekor kambing yang dibagikan, sebagian juga disembelih di sekolah sendiri. Pembagian hewan qurban/daging qurban meliputi wilayah Sekardangan, Gebang, MCG dan sekitarnya, termasuk tukang becak. Sebagian hewan qurban yang dibagikan ke warga, sekitar Kalikajang, beberapa sekolah yang mmbutuhkn seperti SD Gebang, SD Pucang, sekolah Nurul Islam, Manarul Ilmi, panti asuhan.

      Menurut Kepala SMPIT Insan Kamil, Sekardangan Sidoarjo Ani Qotul Uhbah mengatakan kalau para siswa dan siswi sangat antusias dengan kegiatan ini. Dalam kegiatan seperti ini mereka sudah bisa membagi tugas masing-masing. Dibagi menjadi beberapa tim, ada yang bertugas membuat aneka minuman, ada yang bagian dokumentasi, ada yang membantu pengulitan, memotong tulang, mencacah daging, menimbang, packing dan mendistribusikan secara langsung kpd warga.

       Proses penyembelihannya dimulai sejak pukul 5.30 sampai pukul 13.00 di halaman sekolah. “Tidak hanya siswa dan guru, karyawan yang terlibat, tapi juga wali murid dan komite sekolah turut serta mmbntu proses pencacahan daging qurban tersebut,” kata Ani Qotul Uhbah, saat dimintai keterangan pada(2/9/2017).

         Jadi, semua proses ini merupakan pembelajaran langsung kepada para siswa tentang tatacara menyembelih hewan qurban, sesuai syariat Islam serta menumbuhkn kepedulian dan kepekaan sosial para siswa, melalui pendistribusian daging qurban kepeda warga secara langsung.

        Dalam kegiatan hari ini juga diadakn lomba menulis dengan tema ‘Indahnya Berqurban dan Berbagi’. Lomba dikuti oleh perwakilan masing-masing kelas, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. “Lomba menulis ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan literasi para siswa. Pemenang dari lomba, tulisannya akan di upload di web sekolah,” terangnya.

           Rangkaian kegiatan hari ini (2/9/2/2017) detutup dengan acara makan bersama para siswa, guru, karyawan dan komite sekolah. Semua menu masakan telah disiapkan oleh ibu-ibu komite hebat SMPIT Insan Kamil. Setelah kemarin hari Kamis tanggal 31 Agustus melakukn gerakan puasa Arofah bersama antara guru, siswa dan karyawan. “Kegiatan Idul Qurban ini merupakan sarana pembelajaran bagi siswa untuk menumbuhkan karakter keimanan. Juga kepekaan sosial masyarakat, dengan mengimplementasikn scara langsung,” tutur Ani Qotul Uhbah. as

Komentar