Siswa TK Al Muslim Kampanyekan Literasi Dan Donasi Buku

Sidoarjo Pos-Tanggal 8 September 2019 diperinggati sebagai Hari Aksara/Hari Literasi yang kali ini bertepatan dengan tahun baru Islam, 6 Muharram 1441 H.

Dalam memperinggati dua momen istimewa ini, Jumat pagi (6/9/2019) tadi pagi,  puluhan siswa kelompok B TK Al Muslim Sidoarjo mengadakan aksi kampanye literasi dan safari sosial. Dipilihnya kegiatan kampanye literasi adalah untuk mendukung penguatan pembiasaan membaca pada anak-anak usia dini.

Sedangkan kegiatan safari sosial bertujuan melatih rasa empati siswa TK Al Muslim sejak dini. Untuk lebih memberi kesan mendalam tentang kegiatan kampanye literasi dan safari sosial, pihak sekolah senggaja memilih tempat pelaksanaan kegiatan ini di luar kelas/sekolah. Tepatnya,  di KB Al Huda Desa Brebek.

Kegiatan Hari Aksara ala siswa TK Al Muslim Sidoarjo diisi dengan aksi donasi buku cerita anak, perlengkapan sekolah, dan sejumlah alat bermain edukatif (APE) serta mengajak membaca buku para guru, wali murid, dan siswa Kelompok Bermain (KB) Al Huda Brebek.

Kepala TK Al Muslim Siti Aminah menjelaskan kepada para wali murid, guru, dan siswa KB Al Huda tentang pentingnya membiasakan membacakan buku kepada anak sejak dini, karena hal ini dapat meningkatkan hubungan emosional antara anak dan orang tua/guru dan meningkatkatkan kemampuan bahasa anak.

Ia juga menyerahkan donasi buku cerita anak, perlengkapan sekolah, dan sejumlah alat bermain edukatif (APE) kepada Mujtahidah, kepala KB AL Huda.

Dalam prosesinya, seluruh siswa terpesona menyaksikan gaya salah satu guru TK Al Muslim, Umi Chulsum yang menggunakan boneka acil mendongeng tentang menanamkan karakter jujur dan suka membaca. Menariknya, seluruh siswa TK Al Muslim mengajak para orang tua dan siswa KB Al Huda ramai-ramai dan antri mengambil buku cerita yang disiapkan dari sekolah Al Muslim. Salah satu siswa TK Al Muslim, Nafisa Rizwana Abadi membacakan buku cerita kepada Nadisa Haromi Zain salah satu siswa KB Al Huda. Nur Fadhilah selaku Ketua Panitia berharap seluruh kegiatan pembelajaran kreatif ini dapat memotivasi para orang tua khususnya, dan masyarakat umumnya. “Mereka diharapkan mau membiasakan membacakan buku kepada anaknya dan mengajak belanja buku,” harapnya. as


Komentar