Siswi SMAN 1 Porong Aplikasikan Pondok Ramadhan ke Panti Asuhan Putri Al Mashito

Para siswi SMA Negeri 1 Porong sangat antusias saat berkunjung ke Panti Asuhan Putri Al Mashito. as

Sidoarjo Pos-Sebagai bentuk aplikasi kegiatan Pondhok Ramadhan, atau realisasi pembelajaran di luar kelas. Ratusan siswi SMA Negeri 1 Porong, Sidoarjo telah mengunjungi Panti Asuhan Putri Al Mashito, Desa Kesambi, Kec. Porong, Sidoarjo,(24/5/2018).

            Aktivitas  Pondok Ramadhan kali ini dilakukan oleh sekitar 773 siswa dan siswi yang sebelumnya telah menerima materi-materi pembinaan, pemahaman dan pembelajaran teori-teori kegamaan dalam sekolah.

           Dalam bulan Suci Ramadan 1439 H ini telah diaplikasikan ke panti-panti asuhan yang ada di sekitarnya. Seperti yang telah dilakukan, sebelumnya (22/5/2018) para siswanya berkunjung ke Panti Asuhan Putra Saadatutdaroini Desa Gedang Kec. Porong Sidoarjo siswa.

        Rombongan siswa diterima langsung oleh Ketua Pengasuh Panti Asuhan Saadatutdaroini Desa Gedang Porong, Abdul Majid. Selain itu hadir juga para petugas pengawas dari Kementerian Agama, juga para guru pendamping dari SMA Negeri 1 Porong sendiri.

            Waka Kesiswaan SMA Negeri 1 Porong, Sutris, S.Pd M.Pd disela-sela mendampingi siswanya menuturkan kalau kegiatan pondok ramadhan kali ini bertemakan ‘Dengan Bulan Suci Ramadhan Mari Sempurnakan Ibadah’ dan sudah dimulai tanggal 21 Mei 2018, dibuka langsung oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Porong Dr. Ristiwi Peni, M.Pd.

            Setelah para siswa mendapatkan materi-materi dari sekolah, diantaranya tentang memelihara diri dari hadats dan najis, memahami ketentuan sholat mumfaridan dan berjamaah. Juga materi tentang puasa dan zakat, yang dilanjutkan hari ini dengan indahnya berbagi dan silaturahmi ke Panti Asuhan. “Ini adalah sebuah bentuk pembelajaran di luar. Setelah anak-anak dapat pelajaran di sekolah, terus diaplikasikan keluar,” tutur Sutris.

            Jadi kegiatan kali ini adalah berbagi sesama apa yang mereka punya, anak-anak ini melakukan praktek berbagi kepada warga yang kurang mampu. “Walaupun tidak besar, tetapi mereka bisa merasakan terhadap apa yang telah dialami teman-temanya di panti asuhan ini,” pungkas Sutris.

            Ketua OSIS SMA Negeri 1 Porong Aksel Gilang Pramusti mengaku sangat terharu dan termotivasi terhadap kegaitan ini. Terutama saat melihat teman-teman di panti ini semangat belajar. “Kami-kami yang masih memiliki orangtua terkadang malas belajar, sementara mereka sangat semangat dalam belajar. Makanya kami sangat termotivasi dan terharu sekali,” katanya. as

Komentar