SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Lakukan Uji Coba PTM Dengan Prokes Yang Ketat

Terlihat suasana Pembelajaran Tatap Muka, guru menerangkan di kelas X MIPA 7. asgi

Sidoarjopos-Mengingat kebijakan pembelajaran tatap muka terbata berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri, tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 pada Juli 2021 mendatang. Kini SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (SMAMDA) mulai melakukan uji caba PTM dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

            Sebelumnya dilakukan PTM, pihak sekolah juga sudah melakukan koordinasi dengan orang tua siswa/wali murid, serta berkirim surat terkait kesiapan anak-anaknya bisa masuk sekolah secara terbatas dalam rangka uji coba PTM. “Alhamdulillah, ternyata orang tua siswa banyak yang sepakat, banyak yang setuju. PTM ini kami lakukan hanya 1/3 nya saja atau sebanyak 12 siswa,” terang Waka Kurikulum, Alful Musrifah SPd MPd, pada Senin (5/4/2021).

            Ia katakan dalam uji coba ini, masuknya hanya dua jam pelajaran saja, yakni untuk kelas X mulai masuk pukul 7.00-9.00 wib selanjutnya kelas XI mulai masuk pukul 9.30-11.30 wib begitu seterusnya mulai Senin hingga Jumat. “Adapun siswa kami untuk kelas XI sebanyak 440 siswa, kelas XI sebanyak 465 siswa. Sementara untuk kelas XII sebanyak 463 siswa, namun untuk kelas XII tidak mengikuti PTM,” jelasnya.

Suasan Pembelajaran Tatap Muka di kelas X MIPA 8. asgi
Suasan Pembelajaran Tatap Muka di kelas X MIPA 8. asgi

            Selain itu, karena kantin sekolah juga belum diperbolehkan jualan, maka para siswa diwajibkan membawa bekal, makanan dan minuman serta perlengkapannya sendiri dari rumah. “Hal ini dilakukan agar tidak selama uji coba PTM ini tidak terjadi sentuhan, juga tidak terjadi kerumunan. Jadi betul-betul kami terapkan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat,” tegasnya.

            Menurutnya, bukan hanya siswa saja yang dituntut untuk menerapkan protokol kesehatan tetapi juga semuanya yang masuk lingkungan sekolah. Sudah kita siapkan sarananya, cuci tangan, cek suhu tubuh, jaga jarak, bahkan para guru-gurunya juga sudah dilakukan vaksin. “PTM ini kami terapkan mengalir saja hingga masuk Luring yang sesungguhnya. Disamping itu juga bisa sebagai ajang pengenalan sekolah bagi siswa-siswa kelas X,” pungkasnya. asgi

Komentar