SMAMDA Voice Targetkan Juara Pertama di LICC di Chiang Mai Tahiland

Smamda Voice saat berlatih jelang pentas paduan suara, di aula Smamda. as

Sidoarjo Pos-Paduan suara SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Smamda) Voice bersiap-siap mengikuti kejuaraan Lanna Internasional Choire Competition (LICC) yang diselenggarakan di Chiang Mai Thailand. Kejuaraan paduan suara tingkat dunia tersebut akan diselenggarakan pada 19-23 Oktober 2016 dan diikuti lebih dari 60 peserta dari berbagai negara.

Smamda Voice yang terdiri dari 43 anggota, terus giat melaksanakan latihan yang dikemas dalam pentas paduan suara. Dalam pentas tersebut, juga dihadiri oleh tamu undangan yang intens pada perkembangan paduan suara di Sidoarjo dan Surabaya.

Disela-sela latihan, koordinator paduan suara Smamda Voice Dewi Fardilasani mengatakan, sebelum berangkat ke Thailand para anggota paduan suara telah mempersiapkan diri dengan sejumlah agenda latihan. Dalam LICC nanti Smamda Voice akan menyanyikan tujuh lagu, yang empat di antaranya lagu daerah. ‘Lagu Luk Luk Lumbu dari Banyuwangi dan Ah Thoi Phoros dari Kalimantan menjadi lagu daerah yang akan kami tampilkan,’ katanya.

Ia mengungkapkan, sebelum berangkat ke Thailand pada 17 Oktober nanti persiapan terus dilakukan. Selain perpaduan suara juga koreografi yang nantinya ditampilkan saat kejuaraan LICC. “Jadi tidak hanya soal suara tetapi sajian gerak yang disampaika kepada dewan juri,” kata siswa kelas XII IPA ini.

Sebelumnya Smamda Voice juga telah tampil di kejuaraan tingkat dunia di Busan, Korea Selatan pada 2014 dengan masuk 10 besar. Saat kejuaraan di Bali yang diikuti oleh berbagai negara, Smamda Voice mendapatkan medali perak. “Kami inginnya ya juara satu karena itu persiapan terus dilakukan,” kata siswa muarh senyum ini.

Terpisah, Kepala Smamda Sidoarjo Wigatiningsih mengatakan, mendukung penuh Smamda Voice dalam kejuaraan LICC di Thailand. Hingga saat ini pihaknya belum mengetahui berapa jumlah peserta dari Indonesia yang ikut ke LICC. “Persaingan pasti ketat terutama dari luar negeri,” terangnya.

Ia berharap, prestasi di kejuaraan paduan suara di Bali bisa dipertahankan. Diharapkan, dengan sisa waktu yang ada latihan terus ditingkatkan. “Target minimal dapat perak. Kita terus bekerja keras dan berdoa supaya bisa menjadi juara pertama,” pungkasnya. as

 

Komentar