SMK Antartika 2 Sidoarjo Tingkatkan Mutu Kompetensi Keahlian Siswa Dengan Unesa

Sidoarjopos-Lima kompetensi keahlian siswa SMK Antartika Buduran Sidoarjo terus ditingkatkan kualitasnya, ditingkatkan mutunya agar tingkat kelulusannya benar-benar berkualitas. Berkompeten di bidangnya masing-masing.

Kepala SMK Antartika 2 Buduran Sidoarjo Retno Purwolystiorini SE M.MPd menuturkan, kali ini kami  kerjasamakan pelatihan-pelatihannya dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Upaya meningkatkan mutu kompetensi keahlian masing-masing ini hanya untuk siswa  kelas XII.

“Yaitu meliputi kompentensi keahlian Akuntansi dan Perbankan, Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Mekatronika dan Teknik Komputer dan Jaringan. Jadi masing-masing kompetensi keahlian tersebut akan diadakan pelatihan terus menerus mulai hari Senin hingga Jumat, dengan materi yang sudah ditentukan oleh Pananggunjawab Kegiatan Pelatihan,” tuturnya, pada (7/4/2021) siang.

Menutunya, yang melatar belakangi kersama sama ini adalah sejalan dengan perkembangan peradaban dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka paradigma pendidikan juga mengalami pergeseran, filosofi pembelajaran juga harus menciptakan atau melatih mengisi kompetensi dengan hal yang bermanfaat, relevan dengan zaman sekarang.

“Selain itu, juga mendukung program pemerintah, khususnya Ditjen Pendidikan Vokasi dalam upaya pemingkatan mutu pendidikan secara basional di setiap satuan pendidikan, sebagai upaya terselenggaranya layanan pendidikan kepada peserta didik dengan tingkat kompetensi keahlian yang baik,” katanya,

Makanya, kami terus terusaha meningkatkan mutu pendidikan tidak pernah berhenti, berbagai terobosan terus diperkenalkan dan dilakukan oleh SMK Antartika 2 Sidoarjo, dengan menguatkan 5 mutu kompetensi keahlian tersebut.

Lanjutnya, jadi hal ini dilakukan adalah untuk membantu dan memperdayakan lembaga pendidikan SMK agar mampu mengembangkan sumber dayanya dalam mencapai tujuan pendidikan nasional serta dapat diterima oleh masyarakat sekitar. “Termasuk juga dalam proses pengembangan mutu sekolah meningkatkan mutu harus dilaksanakan secara berkala dan terbuka dengan tujuan membantu dan memotivasi, khususnya peserta didik SMK agar mampu terserap ke Duhia Usaha dan Duria Kelja (IDUKA),” jelasnya.

Adapun tujuan diadakannya pelatihan ini adalah upaya meningkatkan kemampuan peserta didik sesuni kompetensi keahlian masing-masing. Juga mendukung kegiatan Dirjen Pendidikan Vokasi, terutama dalam menciptakan lulusan yang kompeten di bidangnya. Serta menciptakan generasi-generasi muda yang berkarakter, berkarya dan berprestasi yang memiliki kemampuan hardskills dan softskills unggul. “Karena sebagai bekal pemenuhan kebutuhan lulusan yang berkualitas,” terang Bu Retno_sapaan akrabnya.

smk antartika 2

Sedangkan manfaat pelatihannya adalah untuk peningkatan kompetensi keahlian peserta didik sesual kompetensi keahlian masing-masing. “Juga untuk peningkatan mutu lulusan siswa kami agar keterserapan lulusan di IDUKA serta melanjutkan Pendidikan tinggi maupun sebagai pelaku usaha akan lebih baik lagi,” pungkasnya. asgi

Komentar