SMK ITABA Gedangan Jalin Kerjasama Bidang Industri Link and Match

Sidoarjopos -Tim PPS SMK ITABA Gedangan, melakukan kerjasama dengan PT. Astra Otoparts Tbk Sidoarjo dalam implementasi budaya industri di dunia kerja.

Melalui Link and Match, antara dunia pendidikan dengan industri serta stakeholder di masyarakat sangat dibutuhkan. Materi pembelajaran sering tidak sejalan sesuai perkembangan, konsekwensinya setelah lulus sekolah peserta didik tidak bisa langsung menerapkan teori yang dipelajari dari sekolah.

Persoalan yang sering dikeluhkan dunia usaha dan industri yakni pada lemahnya soft skill yang dimiliki lulusan SMK. Ketahanan bekerja, kedisiplinan hingga budaya industri masih memerlukan adaptasi cukup lama. Industri bukan hanya pada tataran kompetensi semata, tetapi diharapkan lebih kepada karakter lulusan itu sendiri. Mengingat kebutuhan industri akan tenaga yang kompeten bagi lulusan SMK tidak lebih dari 10 persen dan hampir semuanya membutuhkan tenaga yang mempunyai soft skill kuat.

Berdasarkan hal tersebut, SMK ITABA Gedangan bergegas mengembangkan proyek pengembangan sekolah dengan melaksanakan program implementasi budaya industri akan dilaksanakan melalui berbagai tahapan. Dengan melibatkan stakeholder seluruh dewan guru, karyawan, dinas pendidikan, industri, dunia kerja, tokoh masyarakat hingga tokoh pendidikan.

Dikatakan, Narso Syamsudin RDC Head PT. Astra Otopart Sidoarjo yang bertemu langsung tim PPS SMK ITABA Gedangan mengatakan bahwa kelemahan lulusan SMK atau umumnya pekerja yang ada di PT. Astra Otopart yakni kurangnya ambisi dan kemauan untuk mengembangkan karir.

Biasanya bisa dilihat dari hasil ketika tes rekruitmen calon karyawan. Diharapkan dengan budaya Industri yang dikembangkan di SMK ITABA Gedangan bisa menjawab kebutuhan Industri sebagai penerima lulusan SMK, sehingga bisa betul – betul mendapatkan lulusan SMK yang berkualitas terutama karakter dan soft skill. “Kami sangat mengapresiasi langkah SMK ITABA Gedangan dalam mengembangkan budaya kerja bagi peserta didiknya,”ungkap Narso Syamsudin pada (12/12/2020). usi

Komentar