SMK Krian 2 Sidoarjo,Ciptakan Program Pembelajaran di Tengah PPKM

Sidoarjopos _ Pandemi covid-19 yang belum juga berakhir, membuat roda berbagai instansi sangat terdampak. Apa lagi Pemberlakuan PPKM Jawa-Bali telah diberlakukan oleh pemerintah pusat sehingga masyarakat harus mengikutinya. Seperti hal-nya institusi pendidikan di negeri ini merasakan efek luar biasa. Para pemangku pendidikan diharuskan mempunyai trobosan jitu untuk berlangsungnya pembelajaran efektif. Dalam situasi tersebut, patut kiranya ditiru bahwa disalah satu sekolah kawasan Sidoarjo Barat mempunyai program belajar inovatif

Dia adalah SMK Krian 2 Sidoarjo, meskipun di tengah PPKM yang semakin ketat mengharuskan sekolah tersebut menciptakan suatu program yakni Factory Visit dan Sinau Bareng berbasis online.

Saat diwawancarai sidoarjopos.net melalui aplikasi chat Whatshap, Kamis (28/1). Kepala SMK Krian 2 Sidoarjo, Indra Wahyu Suliswanto, M.Pd menyebutkan ada dua program yang dicanangkan.

Berupa program Factory Visit dan Sinau Bareng yang masing-masing dilakukan secara virtual. Pada program factory visit, sebenarnya setiap tahunnya selalu mengadakan bernama Study Excursion biasa disebut kunjungan industri. Pesertanya sendiri dimasa pandemi saat ini diikuti kelas X dan berbagai mitra perusahaan serta industri sehingga tidak mengurangi tujuan program tersebut,” ungkapnya.

Dalam program ini, lanjutnya meskipun melalui virtual akan tetapi dari pihak perusahaan atau industri menunjukkan dengan berkeliling melalui video secara live. Berikut penjelasannya dan juga peserta didik dapat bertanya langsung apabila ada kata yang kurang dipahami. Mulai pemaparan materi dari proses produksi hingga sampai manajemen industri dikupas tuntas,” pungkas finalis guk Sidoarjo, Indra Wahyu Suliswanto. usi

Komentar