SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo Bentuk Siswanya Berkarakter Kartini Millenial

Sidoarjopos-Kepribadian dan pola pemikiran yang luar biasa terhadap emansipasi wanita, Raden Ajeng Kartini masih menjadi tuntunan dan panutan perempuan era millenial sekarang ini. Bahkan SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo juga membentuk karakter siswanya menjadi Kartini-Kartini Millenial.

Menurut Kepala SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo Dra. Agustina, M.Pd bahwa Kartini Millenial masa kini, adalah mereka-mereka remaja yang mempunyai tanggungjawab, tangguh berwirausaha, ulet mandiri, mampu menghidupi diri sendiri. Karena Kartini sudah memberikan makna yang terbaik bagi bangsa ini, yakni dengan mengangkat martabat para perempuan.

agustin1

Jadi, perempuan dalam hal ini pelajar harus mampu berjuang dan berusaha untuk meraih apa yang menjadi passion cita-citanya. Tak terkecuali bagi mereka para pelajar yang memiliki mimpi menjadi designer. Dari mulai proses desain manual hingga proses desain menggunakan tiga dimensi. “Para Kartini millenial ini dibimbing dan diarahkan agar kedepan bisa menjadi profesional di bidangnya masing-masing, dan berkarakter seperti RA Kartini,” jelas Agustina, pada (21/4/2021) tadi pagi.

Siswi kami sudah bisa membuat produk pakaian dengan tiga dimensi, yang pakaian tradisional, pakaian pesta dan millenial. “Jadi, yang sudah tren masa kini, kita ikuti semuanya dan kita berikan yang terbaik untuk para siswa. Utamanya perempuan yang betul-betul mau dan mampu untuk menggerakkan diri sendiri, berdiri di atas kakinya sendiri,” tegasnya.
Lanjutnya, untuk prospek tata busana, utamanya dan desain sangat bagus, karena kita sudah dikerjasamakan dengan industri dan beberapa disainer sudah banyak sekali. “Sehingga kurikulum yang sudah kita buat juga sudah sesuaikan dengan tren anak-anak masa kini. Insya Alloh hasil karya siswa kami dengan pendampingan beberapa industri, pasti mampu menghasilkan karya yang layak jual, yang memang bisa diterima oleh masyarakat,” jelas Agustina.

agustin2

Salah satu siswi jurusan Desain Fashion, Rona mempunyai harapan sesuai dengan apa yang telah dituangkan RA Kartini dalam sebuah bukunya ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’. Kartini milennial yang saat ini tengah menuntut ilmu belajar di bangku sekolah, apa yang menjadi passion-nya akan terus diperjuangkan, agar nantinya bisa berhasil dan sukses. “Salah satunya menjadi designer terkenal, dimana karya-karya desainnya mampu menjadi trendsetter masa kini,” harapnya. asgi

 

Komentar