SMK Sepuluh Nopember Gerakan Pelajar Ikuti Workshop dan Pertunjukan Teater ‘Sang Saka’

Siswa-siswi SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo yang telah sukses memerankan ‘Sang Saka’. as

Sidoarjo Pos-Agar tidak terpengaruh oleh kegiatan yang negatif, para pelajar Sidoarjo, mulai siswa SMP, SMA dan SMK digerakkan untuk mengikuti kegiatan seni budaya, sebuah pertunjukan Teater, Workshop Teater, oleh Teater Keliling yang mengambil tema ‘Sang Saka’.

             SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo bekerjasama dengan Teater Keliling pimpinan Rudolf Puspa ini menjadi inspirasi bagi para siswa. Kepala SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo, Ratih Wulansari, S.Si.,M.M.Pd menuturkan kalau kegiatan ini sebenarnya untuk menampung aspiasi anak-anak terutama yang minat di ekstra teater. Karena teater di sekolah kami juga sangat aktif. “Jadi program ini sangat menambah jam terbang anak-anak untuk mengembangkan bakatnya di teater,” tuturnya.

       Disamping itu, bagi yang belum kenal teater, kegiatan ini juga sebagai pengenalannya. Makanya tadi sebelum ada pertunjukan ini, juga dilakukan workshop, dan ternyata peminatnya sangat luar biasa. Beberapa sekolah, mulai SMP, SMA dan SMK semuanya mengirimkan wakil-wakilnya, ada sekitar 10 anak per sekolah yang diikut kegiatan sejak pagi tadi. “Ini menunjukkan bahwa teater masih sangat diminati oleh para generasi pengerus bangsa kita,” jelas Ratih Wulansari.

            Oleh karena itu, saya berharap anak-anak jiwa seninya semakin terasa, terutama yang mereka yang suka di bidang teater. Makanya kegiatan ini selain bisa membentuk karakter anak-anak, karena mereka ikut berperan di dalamnya, juga bisa menambah kegaitan yang sangat positif. “Kalau mereka diberikan kegiatan yang positif secara cukup, tentu saja tidak sempat melakukan kegiatan yang aneh-aneh,” harapnya.

            Guru Teater SMK Sepuluh Nopember Sidoarjo Afrian Aris Sandi menambahkan kalau kegiatan ini merupakan ide dari para pegiat teater di sekolah kami. Selain itu juga dalam rangka hari ulang tahunnya SMK Sepuluh Nopember. Makanya diadakan gelar akbar bersama dengan Teater Keliling dari Jakarta. “Adapun peran dari pertunjukan ini merupakan kolaborasi, antara siswa SMK Sepuluh Nopember dengan Teater Keliling,” tambahnya (17/10/2018).

            Sementara itu gelar teater yang mengambil tema ‘Sang Saka’ karya Dolfry Indra Suri, dengan Sutradara Rudolf Pusa ini mengkisahkan tentang pertemuan tiga sahabat untuk mencari harta karun. Perjalanan mereka mambuka rahasia pada setiap diri mereka tentang pemuda dan pemudi yang lupa diri, dan memutuskan rasa cintanya kepada negeri. Harta karun pun berhasil mereka temukan, bukan yang seperti mereka bayangkan. “Tetapi harta karun ini menuntun mereka kesebuah dimensi waktu imajiner detik-detik proklamasi kemerdekaan. Yakni ‘Sang Saka Merah Putih’, “ jelas Rudolf Puspa. as

Komentar