SMP Musasi Gelar ‘Market Day’ Untuk Tumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Siswanya

Suasana market day di SMP Musasi yang membuat para siswa sangat antusias. as

Sidoarjo Pos-Dalam memupuk kemandirian siswa, dan keberanian siswa untuk melakukan entrepreneurship. SMP Musasi (Muhammadiyah 1 Sidoarjo) telah menggelar Market Day selama tiga hari, yakni memberikan modal kepada siswa untuk berlatih berwirausaha, dan ‘produksi’ juga dijual langsung di lingkungan sekolah.

            Prosesi market day (penjual) dilakukan selama tiga hari mulai tanggal 26 hingga 28 Maret 2018 oleh para siswa-siswi. Sedangkan konsumen atau pembelinya adalah seluruh warga sekolah, termasuk orangtua/wali murid. Dari pagi hari, anak-anak dengan dibantu oleh orangtua dan wali kelasnya, menyiapkan barang dagangannya di booth atau meja masing-masing yang telah ditentukan oleh panitia.

            Kepala SMP Musasi Drs. Aunur Rofiq, M.Si menuturkan kalau kegiatan ini merupakan rutin tahunan untuk merealisasikan kegiatan anak-anak di luar kelas (Outdoor Learning Activity), yang menggunakan kedekatan multiple intelligence/semua anak itu cerdas, semua anak itu istimewa dan semua anak itu unik. Oleh karena itu kita mencoba dengan pendidikan karakter, antara lain entrepreneurship, yang tentunya salah satu akan memupuk kemandirian siswa, ketangguhan siswa dan keberanian siswa.

            Untuk pelaksanaan hari pertama, masakan yang dijual oleh mereka kepada teman-temannya jam 10 sudah ‘ludes’. “Tentunya kami sangat merasa senang, karena anak-anak cukup semangat. Mereka juga bisa memahami ilmu matematika tidak hanya di dalam kelas, justru praktek langsung di luar kelas,” tutur Aunur Rofiq.

            Disamping itu, kegiatan ini juga kami padukan dengan kegiatan anak-anak kelas 9 yang mengisi panggung seni budaya. Mereka juga membuat karya seni rupa yang juga disertai pameran/expo. “Sehingga anak-anak lebih senang dan lebih semangat, begitu juga wali murid dan guru juga sangat antusias,” pungkas Pak Rofiq_sapaan akrabnya.

            Salah siswi kelas 8 Killa yang juga ikut mengisi acara Musasi Expo mengaku sangat senang sekali, karena teman-teman berjualan berbagiamacam makanan. Sedangkan Musasi Expo nya juga memamerkan karya-karya teman kelas 7, 8, 9. Bahkan pameran batik juga ada, melukis juga ada, banyakalah. “Ada juga tempat pensil yang menarik dari kayu, pokoknya senanglah kita semua bisa langsung praktek merealisasikan keinginan kita,” katanya.  as

Komentar