SMP Pembangunan Jaya 2 Terpilih Mewakili Sekolah Swasta Dalam Deklarasikan SRA

Wakil Bupati Sidoarjo, Kasek SMP Pembangunan Jaya 2 dan para siswa usai deklarasi. as

Sidoarjo Pos-Sebanyak 282 siswa dari 25 perwakilan SMP se Sidoarjo, SMP Pembangunan Jaya 2 Gedangan, Sidoarjo terpilih mewakili sekolah SMP Swasta satu-satunya untuk mewakili Deklarasi SRA (Sekolah Ramah Anak), di Pendopo Kabupaten Sidoarjo.

Deklarasi yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo  pada(10/12/2018) di Pendopo Kabupaten Sidoarjo, dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin dengan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo Asrofi dan beberapa perwakilan sekolah yang ditunjuk sebagai SRA.

Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin menegaskan kalau kegiatan ini merupakan program yang bertujuan untuk membangun karakter anak, menjadi anak yang bermanfaat dan bermartabat terutama saat di sekolah. “Saat ini banyak sekali kasus-kasus di sekolah. Oleh karena itu saya berharap, dengan adanya deklarasi ini kedepan semoga bisa diminimalisir secara bertahap,” harapnya.

Usai mengikuti  deklarasi Kepala SMP Pembangunan Jaya 2 Gedangan Sidoarjo Dewi Masyithoh, M.Pd menuturkan kalau sekolah kami adalah satu-satunya sekolah SMP swasta di Sidoarjo yang terpilih menjadi program SRA. Karena sekolah kami sudah termasuk sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional. “Kemungkinan itu merupakan salah satu faktor sekolah kami terpilih menjadi SRA. Karena indikatornya adalah sekolah yang sehat, yang bersih, termasuk sekolah yan no bullying,” tuturnya.

Di sekolah kami juga sangat sedikit laporan-laporan tentang kenakalan anak dan bullying. Walapun anak-anak sekarang sudah sulit dilepas dengan gawainya. Namun manfaat dari gawai tersebut salah satunya adalah untuk pembelajaran. Jadi mereka bisa browsing segala macam ilmu yang dibutuhkan, juga menshare ilmu pengetahuan kepada masyarakat luas. “Tapi pada saat pembelajaran gawainya juga dikumpulkan di wali kelas masing-masing. Kalau dibutuhkan juga bisa diambilnya lagi,” jelasnya.

Salah satu siswi SMP Pembangunan Jaya 2 Zee Islamic Muarendz Busye kelas 7B mengaku sangat senang menjadi salah satu wakil deklarasi. Karena bisa mendapat pengalaman yang bisa ditularkan kepada teman-temanya. “Apalagi bisa ketemu Pak Wakil Bupati Sidoarjo, waduh sangat seneng banget,” ungkap siswi kelas 7B yang pernah juara Wushu ini.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh temannya Jimmy Juanadarna kelas 7A. Ia mengaku sanang bisa mewakili teman-temannya dalam deklarasi ini. “Kalau sekolah sudah SRA itu para siswanya biar tambah aman dan tenang, juga nyaman. Jadi dalam proses pembelajarannya lebih percaya diri,” katanya. as

Komentar