SMPIT Insan Kamil Gelar Pemilihan OSIS Mirip Dengan Pemilihan Kepala Daerah

Para calon Ketua Osis SMPIT Insan Kamil duduk bersama saat proses pemilihan. as

Sidoarjo Pos-Setelah habis masa baktinya, SMP Islam Terpadu Insan Kamil Sidoarjo telah menggelar Pemilu Osis untuk periode 2017-2018. Ketua Osis sebelumnya dipegang oleh Maulana Sakhi Fasya digantinya oleh M. Samy kelas 8-2 dengan perolehan 67 suara dari jumlah 175 suara.

            Kegiatan dalam rangka pembelajaran berdemokrasi tersebut, telah diikuti oleh 10 calon ketua Osis yang diusung dari kelas 8, yakni 5 putra dan 5 putri. Untuk urutan kedua di tempati oleh Faizhul Bergindo dengan 27 suara dan M. Edgar dengan 25 suara. Adapun prosesi pemilihan dilaksanakan (27/10/2017) di Halaman SMPIT Insan Kamil, Desa Sekardangan, Kecamatan Kota Sidoarjo.

            Kepala SMPIT Insan Kamil Ani Qotul Uhbah menuturkan kalau proses pemilihan Ketua Osis ini kelakukan mirip dengan pemilihan kepala daerah. Sebelum pemilihan juga diadakan seleksi dan interview oleh para guru, selanjutnya juga dilakukan debat para calon. Untuk kegiatan debat dan pemilihan dilakukn terpisah antara putra dan putrid.

      Menurutnya, hal ini dilakukan bertujuan untuk memerikan pembelajaran demokrasi secara langsung sejak dini  kepada para murid-murik. Karena merekalah generasi penerus perjuangan bangsa. “Dari kgiatan ini diharapkn para murid belajar untuk menjadi pemilih, belajar menjadi KPU (Komisi Pemilihan Umum), juga belajar menentukan calon pemimpin yang mampu menjadi teladan dan amanah,” tuturnya.

       Selain itu, mereka juga belajar untuk berpolitik, belajar menerapkn nilai-nilai pemilu yang jujur dan adil, untuk saling menghargai, konsekuen serta berlapang dada ketika nanti tidk terpilih. “Jadi prosesi ini merupakan pelajaran yang mahal untuk bekal kehidupn mereka kelak,” pungkas Ani Qotul Uhbah.

        Sementara itu, Fafa dan Izzul siswa kls 8-2 mengaku kalau kegiatan Pemilu OSIS tahun ini sangat bagus, karena diawali seleksi juga debat para calon.  Hal inilah yang  membuat kami tahu siapa calon yang layak untuk dipilih menjadi pemimpin, lewat visi misi yang disampaikan.

     Jadi harapan teman-teman semua, tentunya pemimpin yang mampu mnyampaikn aspirasi seluruh murid, dan mampu mengharumkn nama sekolah, baik tingkat Sidoarjo maupun Nasional. “Diantara para calon-calon yang ada, kami sudah punya satu pilihan yang semoga tepat, dan amanah sesuai dengan visi misi nya,” jelas Fafa dan Izzul. as

Komentar