STIKES RS Anwar Medika Punya Layanan e-Health

Kebutuhan akan layanan kesehatan yang mudah dan cepat sangat dinantikan masyarakat. Selain fasilitas medis yang mumpuni, diperlukan alat bantu agar cakupan layanan kesehatan lebih luas dan mudah diakses, serta prosesnya efektif serta efisien.

Seperti di sekolah tinggi ilmu kesehatan (STIKES) RS Anwar Medika Sidoarjo, semenjak adanya pandemi covid-19 masuk di Indonesia, sekolah tersebut menyediakan sebuah aplikasi alat bantu layanan kesehatan yakni Electronic Health (e-health).

Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan informasi dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, terutama di masa pandemi covid-19,” kata Apt. Khurin In Wahyuni, M.Farm, Jumat (12/2/2021).

Menurut Khurin, yang merupakan ketua LPPM STIKES RS Anwar Medika Sidoarjo, aplikasi e-health diluncurkan pada awal bulan Juni 2020 silam. Mengingat di bulan itu kebutuhan akan layanan kesehatan mengenai wabah global covid-19 sangat dinanti masyarakat. Dikarenakan pemerintah pusat dalam menanggulangi penyebaran covid-19, mengeluarkan himbauan kepada seluruh masyarakat untuk beraktivitas dirumah saja. Beberapa aktivitas diluar rumah dibatasi, sehingga timbul inovasi pembuatan alat bantu layanan kesehatan tepat guna,” ungkapnya.

Selain tersedia konsultasi dengan para dokter dan apoteker secara gratis, terdapat juga berbagai informasi tentang kesehatan dalam pencegahan penularan covid-19. “Aplikasi e- health bisa di download melalui Play Store android masing-masing,” ucapnya.

Disisih lain, menurut badan kesehatan dunia (WHO), electronic health atau e-health diartikan sebagai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang hemat biaya serta aman untuk mendukung berbagai hal di bidang kesehatan. Cakupan layanan kesehatan berbasis teknologi ini luas, tidak hanya untuk konsultasi dokter secara online, membuat janji konsultasi, atau untuk memesan obat, namun juga bisa untuk melakukan penelitian dan memberikan edukasi kesehatan. Selain itu, pengolahan data kesehatan untuk kepentingan pengendalian penyakit dan pemantauan kesehatan masyarakat juga masuk ke dalamnya. usi

Komentar