Tak Ingin Pesisirnya Rusak Parah, Warga Jabon Bentuk Pokmaswas ‘Delta Samudra Timur’

Pejabat dinas perikanan dan kelautan propinsi jatim saat memberikan pengarahan. as

Sidoarjo Pos-Semakin hari kondisi pesisir pantai semakin terkikis, abrasi terus bergerak mempersempit kawasan tambak. Disisi lain banyak nelayan yang menggunakan bondet untuk mencari ikan.

Oleh karen itu, untuk menjaga lingkungan pesisir agar tetap terjaga dengan baik, warga Desa Kupang Kecamatan Jabon Sidoarjo mendirikan Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas) ‘Delta Samudra Timur.’

Proses pelantikan 20 pengurus yang diketuai oleh Amin Tohari dilakukan oleh pejabat dari Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur Surjadi, juga dihadiri oleh pejabat dari Dinas Perikanan dan Kelautan Sidoarjo serta Kades setempat, pada akhir Agustus 2016 di Dusun Tanjugsari Desa Kupang, Kecamatan Jabon Sidoarjo.

Ketua Pokmaswas ‘Delta Samudra Timur’ Amin Tohari memberikan contoh, bawah kondisi tanggul yang melingkari di wilayah Pulau Dem Sidoarjo, yang notabene kawasan tambak, seluruhnya sudah mengalami abrasi.

Menurutnya, hal tersebut karena seringkali nelayan mengunakan bondet dalam penangkapan ikan. Juga masih ada nelayan yang mengunakan trawl. Oleh karena itu, demi menjaga sumberdaya kelautan dan perikanan, diperluakan sistem pengawasan terpadu yang melibatkan masyarakat. “Mereka harus turun langsung untuk sama-sama menjaga laut kita. Tentunya dengan bantuan dari dinas perikanan dan kelautan,” jelas Amin Tohari saat dihubungi (6/9/2016). as

Komentar