Tanamkan Karakter Nasionalisme Terhadap Siswanya, SD Al Muslim Undang 20 Veteran

Siswa Al Muslim memberikan parcel kepada para veteran. as

Sidoarjo Pos-Menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72, SD Al Muslim Sidoarjo telah menggelar beberapa kegiatan, sebagai ajang meningkatkan karakter nasionalisme. Ada kegiatan yang sangat menarik dan jarang dilakukan oleh sekolah-sekolah, salah satunya adalah mendengarkan cerita para pejuang atau veteran.

Sekitar 20 veteran yang diundang, bertujuan untuk memotvitasi para siswa, bagaimana kisah pengorbanan para pejuanng mempertahankan kemerdekaan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) kala itu.

Humas Al Muslim Siti Aminah menjelaskan kalau kegiatan ini untuk menumbuhkan karakter nasionalisme, agar siswa bisa meneladani semangat juang para pahlawan. Juga meningkatkan apresiasi dalam menghargai jasa pengorbanan para veteran pejuang kemerdekaan serta menerapkan nilai-nilai leadership yang telah diajarkan di sekolah.

Jadi para siswa mendengarkan langsung dongeng/cerita motivasi salah satu dari 20 veteran pejuang kemerdekaan yang diundang pihak sekolah, Rabu (16/8/2017). Tujuannya para siswa mengerti bagaimana pejuang bekerja keras penuh pengorbanan, hingga para siswa bisa menikmati kemerdekaan seperti saat ini.

Siswa pun terkesima, rasa ingin tahunya ketika Soedjarwo Kambali (89) veteran kelahiran 9 Januari 1929 asal Desa Tropodo Kec. Waru ini menceritakan kisahnya menjadi tentara PETA di Blitar. Ia pernah ditawan Belanda selama 3 bulan di Mojokerto, dan pelaku pertempuran 10 Nopember 1945 di Surabaya, “Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia, yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme,” cerita Soedjarwo Kambali.

Oleh karena itu harapan saya, untuk anak-anak SD Al Muslim saat ini harus wajib giat belajar untuk mengisi kemerdekaan. “Mohon doa restunya untuk veteran supaya sehat dan bisa menimati kemerdekaan ini,” harap Soedjarwo Kambali.

Sementara itu Kepala SD Al Muslim, Ummul Jazilah, S.Ag menyampaikan kegiatan ini adalah salah satu upaya kami untuk menanamkan pendidikan karakter siswa. Yakni menumbuhkan cinta kepada tanah air, supaya siswa bisa meneladani semangat juang para veteran demi kemerdekaan Indonesia. Selain itu juga untuk melatih rasa empati dan peduli siswa terhadap sesama. “Yang paling penting adalah menumbuhkan semangat belajar, dan memiliki daya juang tinggi untuk meraih prestasi,” jelas Ummul Jazilah. as

Komentar