Taruna Poltek KP Sidoarjo Siap Bersaing Dalam Pengembangan Budidaya Perikanan

Wakil Bupati Sidoarjo saat memberikan arahan ke taruna Poltek KP Sidoarjo. as

Sidoarjo Pos-Dalam memberikan ‘wejangan’ kepada 139 orang taruna, lulusan akademik 2015/2016 Politeknik Perikanan dan Kelautan (Poltek KP) Sidoarjo, yang terdiri 76 taruna TBP (Teknik Budaya Perinakan) dan 63 taruna TPPP (Teknik Penanganan Produk Perikanan). Pada(20/08/2016) di Aula Poltek KP Sidoarjo.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin berpesan hendaknya ilmu telah didapat, Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibentuk oleh Poltek KP Sidoarjo ini bisa bersaing dengan SDM luar negeri. Utamanya dalam pengembangan teknologi budidaya dan inovasi dalam pengembangan olahan, yang berdasarkan pada sanitasi dan higienesasi.

 Selain itu, Ia juga menjelaskan kalau wilayah administratif Kabupaten Sidoarjo terbagi atas 18 kecamatan yang mempunyai potensi pertambakan seluas 15.530 hektare di 8 kecamatan, yakni Waru, Buduran, Candi, Sidoarjo, Sedati, Tanggulangin, Porong dan Jabon. “Sedangkan kecamatan lainnya merupakan potensi pengembangan ikan air tawar, seluas 36 hektare,” jelasnya.

Disamping itu, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo juga sudah melakukan MoU dengan Poltek KP untuk mengembangkan teknologi budidaya maupun teknologi pengolahan. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung konseptual minapolitan berbasis pada kawasan, yang berprinsip terintegrasi, efisien, berkualitas dan percepatan peningkatan produksi perikanan berkelanjutan. “Makanya kami berharap lulus Poltek KP ini bisa berperan serta dalam pengembangan potensi yang ada,” pesan Wabup Nur Ahmad Syaifuddin. as

Komentar