UMSIDA Ajak Masyarakat Ciptakan Pengusaha Muda Melalui Pengembangan Ekonomi Kreatif

Para narasumber dan mahasiswa dalam SNEB. as

Sidoarjo Pos-Ribuan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) bergerak mengajak masyarakat untuk menciptakan pengusaha-pengusaha muda, karena akan bisa menopang pertumbuhan ekonomi jangka pendek dan masa mendatang.

Ajak tersebut digelar dalam Seminar Nasional Ekonomi Bisnis (SNEB) 2016, yang diikuti oleh ribuan peserta, baik dari golongan mahasiswa, akademisi, dosen serta masyarakat umum. Salah satu pembahasannya adalah terkait ekonomi kreatif yang saat ini sangat dibutuhkan masyarakat.

Seminar yang digelar, Sabtu(17/9/2016) menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten, yakni anggota Komisi X DPR RI, Ir H M Ridwan Hisjam, CEO PT Paragon Technologi Innovation Nurhayati Subakat, Guru Besar FEB UII Yogyakarta Prof Dr Edy Suandi Hamid, serta Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian, Dr Haris Munandar.

Hal yang menarik dalam pembahasannya adalah perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Prof Dr Edy Suandi Hamid mengatakan bahwa saat ini, ekonomi berbasis sumber daya sudah tidak bisa lagi diandalkan. Melainkan, sudah saatnya dibangun ekonomi kreatif, melalui keterlibatan kampus. “Substansinya, kita tidak bisa lagi mengandalkan ekonomi berbasis sumber daya alam yang diketahui sudah hampir habis. Tetapi kita harus mencoba membangun ekonomi kreatif,” ujarnya.

Ditambahkan oleh Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) UII Yogyakarta ini, bahwa kampus perlu mengambil peran dalam rangka memberikan stimulus agar anak didik termotivasi mengembangkan ekonomi kreatif. “Dengan keterlibatan kampus, tentu akan melibatkan banyak kerjasama. Baik dengan dunia usaha, pemerintah dan sebagainya,” tambahnya.

Sementara itu, anggota DPR RI Ir H M Ridwan Hisjam mengaku saat ini pemerintah memang sedang berkonsentrasi mengembangkan ekonomi kreatif. Salah satunya dengan dukungan anggaran dari pemerintah sebesar hampir Rp 1,5 triliun pada awal tahun 2015 lalu. “Pemerintah sekarang concent kepada ekonomi kreatif. Maka dibentuklah Badan Ekonomi Kreatif,” katanya.

Diharapkan dengan adanya seminar tersebut, pada mahasiswa khususnya, bisa membangkitkan ekonomi kreatif melalui kreasi dan inovasinya, sehingga menjadi sumber ekonomi.

Kegiatan SNEB 2016 yang menghadirkan sekitar 1000 mahasiswa FEB tersebut dibuka secara langsung Rektor UMSIDA Hidayatulloh juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf. as

Komentar