Untuk Menambah Kepakaan Sosial, Siswa Al Muslim Sidoarjo Salurkan Hewan Qurban

Siswa SD Al Muslim terlihat antusias saat menyerahkan hewan qurban. as

Sidoarjo Pos-Sesuai dengan visi sekolahnya, yakni Rahmatan Lil Alamin ‘Kita Hidup Supaya Memberi Manfaat Kepada Sesama’. Bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1438 H kali ini, siswa-siswi Sekolah Al Muslim, Waru,  Sidoarjo telah menyalurkan hewan-hewan qurban kepada lingkungan sekitarnya.

           Mereka membeli kambing-kambing ini hasil dari uang infaq yang telah dikumpulkan oleh para siswa SD, SMP dan SMA setiap hari Jumat selama bulan Juli dan Agustus, ditambah alokasi dana kegiatan siswa. Hewan qurban sebanyak 10 ekor kambing yang besar, gemuk dan sehat ini tidak disembelih di sekolah, melainkan disalurkan kepada masyarakat sekitar sekolah.

        Tujuannya adalah untuk memberi kesempatan kepada guru, karyawan, dan siswa/wali murid berkurban di lingkungan tempat tinggal  masing-masing, sehingga menambah nilai-nilai sosial di tengah-tengah masyarakat. “Sesuai dengan visi sekolah Al Muslim yaitu Rahmatan Lil Alamin, kita hidup supaya memberi manfaat kepada sesama,” kata Humas Sekolah Al Muslim, Siti Aminah, di sela-sela penyerahan hewan qurban (1/9/2017).

   Hewan qurban diberikan langsung oleh para siswa kepada kepada ta’mir masjid/mushallah sekitar sekolah Al Muslim, dan SDN Tambak Oso yang merupakan daerah minus. “Jadi tiap sekolah masing-masing mendapat seekor kambing,” katanya.

       Oleh karena itu bagi siswa SMA Al Muslim,  Idul Adha 1438 H ini dijadikan momen untuk mengimplementasikan pembelajaran leadership dan nilai-nilai karakter. Dimana siswa dilatih berempati dengan berbagi hewan qurban, mengatur keuangan hasil infaq dan mengatur waktu belajar dan kegiatan sosial. Mereka bertanggung jawab mengemban amanah uang infaq untuk dibelikan hewan qurban yang memenuhi syarat. “Selain itu, siswa belajar ijab qobul dalam membeli hewan, dan belajar ijab qobul  dalam menyerahkan hewan qurban kepada ta’mir masjid/mushallah yang ada di sekita sekolah Al Muslim,” tutur Siti Aminah.

        Sementara itu dalam proses penyerahannya, Muhammad Alman Ibrahim, siswa TK A3 didampingi para ustadza dan teman-temannya tidak canggung sama sekali memegang tali pengikat kambing, untuk di serahkan kepada Nanang pengurus mushallah Al Muhsinin yang berlokasi sebelah selatan sekolah. as

Komentar