Wakil Gubernur Jatim Berharap Pengusaha Muda Jangan Sampai Diisi Orang Asing

us Ipul saat menyaksikan MoU komitmen terhadap pertumbuhan ekonomi kreatif. as

Sidoarjo Pos-Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus mendorong lahirnya pengusaha-pengusaha muda, yang akan bisa menjadi ujung tombak pertumbuhan ekonomi kita dimasa yang akan datang. Karena kondisi kita sekarang ini hanya mempunyai 1,6 persen dari jumlah penduduk.

Itulah penegasan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs Syaifullah Yusuf usai menghadiri Seminar Nasional Ekonomi Bisnis (SNEB) yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), Sabtu(17/9/2016).

Menurutnya, sebuah kondisi yang sangat jauh dari ideal, kita mempunyai 1,6 persen sementara negara tetangga kita Singapura sudah mencapai 7 persen. Semestinya kita ini harus bisa mencapai 10 persen. “Oleh karena itu dengan adanya seminar-seminar seperti ini saya harapkan bisa memotivasi para calon-calon pengusaha muda. Kalau kita tidak mempunyai pengusaha muda akan berat jadinya, karena pengusahanya diisi oleh negara asing, dan itu jangan sampai terjadi,” tutur Gus Ipul sapaan akrabnya.

Lanjutnya, kalau pengusahanya sedikit nantinya akan orang-orang itu saja yang akan tampil. Sementara pemerintah yang bisa dilakukan hanya mendorong para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang jumlahnya jutaan. Tujuannya supaya mereka bisa bertahan dengan baik. “UMKM ini tidak bisa menjadi besar, harus melalui beberapa tahapan/peningkatan, jadi kalau mau jadi pengusaha prosesnya sangat panjang,” pungkas Gus Ipul sapaan sehari-harinya. as

Komentar