Wakil Gubernur Sarankan Pemkab Sidoarjo Bisa Carikan Solusi Kawasan Langganan Banjir

Gus Ipul saat meninjau kawasan banjir di Trosobo, Sidoarjo. as

Sidoarjo Pos-Banjir yang menggenangi beberapa daerah Kabupaten/Kota di Jawa Timur, menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf bersama BPBD Pemprov Jatim dan BPBD Kabupaten Sidoarjo melakukan Sidak di kawasan Desa Trosobo Kcamatan Taman Sidoarjo, Jawa Timur. Senin (10/10/2016) sore.

Disela-sela Sidak,  Syaifullah Yusuf mengatakan di beberapa kawasan Kabupaten Sidoarjo menjadi langganan banjir setiap tahun. “Jadi memang ada beberapa tempat yang rutin dilanda banjir, salah satunya di Trosobo ini,” ujar Gus Ipul_sapaan akrabntya.

Menurutnya, kawasan banjir yang menjadi rutin setiap tahunnya ini lantaran adanya penyempitan sungai dan volume air yang meningkat. Meski ada dua pompa yang sudah standby di kawasan tersebut untuk mengantisipasi adanya banjir, namun hal itu juga tak kunjung teratasi. “Karena volumenya sudah terlalu tinggi. Nah, inilah yang perlu dicarikan solusi. Entah itu dengan memperlebar sungai maupun memperdalam aliran sungainya,” jelasnya.

Persoalan banjir yang tengah terjadi beberapa hari ini, memang menjadi perhatian Pemerintah, terutama Pemerintah kabupaten itu sendiri. Pihaknya meminta agar Pemerintah Kabupaten Sidoarjo bisa mencarikan solusi yang komprehensif.

Ia mengakui bahwa pembangunan untuk pemukiman/perumahan di Sidoarjo sangat tinggi. Begitu juga industri. Untuk menyikapi persoalan banjir yang kerap datang setiap tahunnya, pihaknya menyarankan agar Pemkab Sidoarjo bisa memprediksi dampak dari pembangunan tersebut.  “Pembangunan pemukiman maupun industri harus bisa dihitung tingkat kerawanannya. Jangan sampai ini menjadi bencana yang tak bisa diatasi. Karena bencana itu bisa kita ketahui, kecuali longsor,” tegasnya.

Gus Ipul mencontohkan, banjir yang terjadi di Sampang yang sudah bisa diprediksi sebelumnya, saat ini juga terjadi di Sidoarjo. Banjir setinggi paha orang dewasa tersebut harus segera dicarikan solusinya. “Selain Sidoarjo, menurutnya ada beberapa daerah yang sedang mengalami bencana banjir. Diantaranya, Sampang, Malang, Ngawi, dan Trenggalek,” pungkas Gus Ipul. as

Komentar