Warga Kampoeng Sinaoe Lakukan Penggalangan Dana Korban Bencana di Lombok

Terlihat warga sangat antusias membantu korban gempa di Lombok. dul

Sidoarjo Pos-Upaya meringankan beban korban bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sekitarnya. Komunitas  Kampoeng Sinaoe (KS) Sidoarjo yang berkolaborasi dengan Putra Delta Sidoarjo telah melakukan penggalangan dana di Alun-alun Kota Sidoarjo, pada Minggu (12/8/2018).

Sebelum kegiatan dimulai, mereka tujuh orang dari KS dan tiga orang dari Putra Delta Sidoarjo mendapatkan pengarahan, briefing dari ketuanya, Winarti Eca, yang dilanjutkan dengan doa bersama. “Mereka kita  bagi jadi tiga kelompok. Satu kelompok ke arah timur, barat dan utara Monument Jayandaru,” jelas Winarti.

Ia juga menginstruksikan agar semua kelompok berkumpul di tempat semula, tepat pukul 08.00 wib. “Nanti kita harus sudah pindah ke lampu merah,” jelas wanita  yang aktif dalam dunia literasi tersebut.

Saat  proses penggalangan dana, hampir semua orang mereka datangi. Mulai dari penjual makanan,  pejalan kaki, sampai  sepasang kekasih yang duduk di taman.  Berbagai  macam respon mereka terima. Ada yang memberi, ada  pula yang tidak. Mereka juga bertemu dengan berbagai macam komunitas dan lembaga yang juga melakukan aksi solidaritas yang sama. “Diantaranya, ada komunitas Slanker Sidoarjo, Sahabat Muda Sidoarjo, Poltek JK Jembana Bali dan masih banyak lagi,” katanya.

Kegiatan tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat,  hal itu terbukti dari hasil yang didapat dalam kurun waktu 2 jam (06.00-08.30) telah berhasil mengumpulkan uang sebanyak Rp 2.900.000.

Masyarakat juga senang dengan adanya kegiatan solidaritas semacam itu, hal itu diungkapkan oleh salahsatu pengunjung di Alun-alun, Supangat.“Saya senang sekali dengan antusias anak-anak untuk melakukan penggalangan dana. Karena  hasilnya akan bermanfaat sekali bagi saudara kita korban gempa di Lombok,” jelasnya.

Ia berharap semoga dana tersebut benar-benar tersalurkan kepada orang yang membutuhkan.  “Saya hanya berharap semoga dana tersebut dapat tersalurkan kepada mereka yang membutuhkan, bukan kepada kelompok tertentu yang memanfaatkan keadaan untuk kepentingan pribadi,” harap warga asal Jombang ini.

Usai melakukan penggalangan dana, mereka pun makan bersama. Lalu kegiatan itu ditutup dengan pembacaan doa dan foto bersama.Winarti Eca merasa bangga dan  sangat mengapresiasi semangat mereka. “Saya sangat senang dengan semangat anak-anak, semoga virus-virus kebaikan semacam ini bisa mereka tularkan kepada orang lain,” tutupnya. dul.as

Komentar