Wujudkan UHC 2019, BPJS Kesehatan Sidoarjo Lakukan Kerjasama Dengan Stakeholder

Sri Mugirahayu saat memaparkan terwujudnya jaminan kesehatan semesta UHC. as

Sidoarjo Pos-Dalam mewujudkan jaminan kesehatan semesta UHC (Universal Health Coverage) bagi seluruh rakyat Indonesia pada 1 Januari 2019 mendatang. BPJS Kesehatan terhadap Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) membutuhkan strategi tertentu, agar Jaminan Kesehatan Semesta dapat terwujud khususnya di Kabupaten Sidoarjo.

Upayanya, serta dalam rangka meningkatkan kepuasan peserta BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo telah bekerjasama dengan stakeholder terkait, yakni dengan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo diantaranya melakukan audiensi dengan Bupati Sidoarjo H. Saiful Illah S.H. M.Hum.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo dr. Sri Mugirahayu menuturkan, kalau dalam Audiensi yang diselenggarakan 27 November 2017 itu, kami memaparkan kondisi kepesertaan masyarakat Sidoarjo tentang program JKN-KIS. “Pada intinya kami memaparkan bagaimana kepesertaan JKN-KIS untuk rakyat Sidoarjo, kendala apa saja yang kami hadapi dan dukungan apa saja yang kami harapkan dari Bupati Sidoarjo. Dan Alhamdulillah bapak Bupati Sidoarjo memberikan tanggapan positif mengenai tercapainya UHC di Sidoarjo dan meminta SKPD terkait untuk dapat segera menindaklanjuti,” tutur Sri Mugirahayu atau yang akrab dipanggil Bu Chichik.

Selain itu, kami juga menjalin kerjasama dengan fasilitas kesehatan yang ada di Sidoarjo, saat ini kami telah bermitra dengan 159  Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 26 Puskesmas, 25 Dokter Praktik Perorangan, 14 Dokter Praktik Gigi Perorangan, 73 Klinik Pratama, dan 12 Klinik TNI/POLRI. “Termasuk juga kerjasama dengan 28 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 11  Rumah Sakit, 9 Apotek, serta 9 Optik,” jelas Chichik.

Adapun perkembangan kepesertaan di Sidoarjo terus mengalami peningkatan. Sampai dengan November 2017, jumlah Peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan mencapai 1.369.195 jiwa. Termasuk di dalamnya Peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan Program JKN-KIS oleh Pemerintah Daerah Sidoarjo melalui Program PBI-APBD, sebanyak 16.519 jiwa.

Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah, Badan Usaha, rekan-rekan media dan seluruh masyarakat Sidoarjo terhadap komitmen untuk menyukseskan Program JKN-KIS. “Mari bersinergi mewujudkan Universal Health Coverage khususnya di Kabupaten Sidoarjo,” ajak Sri Mugirahayu.as

Komentar