Dapur Umum Peduli Ummat Menyediakan Makanan Berbuka Puasa Gratis Setiap Hari

Sidoarjopos-Kegiatan Dapur Umum yang diprakarsai PBI (Pesantren Bisnis Indonesia) bersama komunitas lainnya. Dengan konsep RMR (Rumah Makan Rakyat) telah menyediakan makanan gratis tiap hari buat masyarakat, tanpa syarat.

Operasionalnya dari para pengusaha muslim dan komunitas yang tergabung, juga dari masyarakat luas yang berempati. “Kami tidak pernah meminta donasi, apalagi mengajukan proposal kemana-mana, tetapi hanya melalui publikasi Medsos dan hubungan pribadi antar relawan,” ungkap PIC Dapur Umum Wilayah Sidoarjo dan Surabaya, Luluk Masluchah, S.Pd.MM pada (30/4/2021) sore.

“Prinsip utama pendanaan didapat melalui donasi para relawan secara pribadi, juga komunitas/perorangan yang bergabung. Mereka bisa memberi baik berupa barang atau bahan makanan juga berupa dana,” katanya.

Ia katakan, dalam hal kontribusi pendanaan juga memberi kesempatan pada masyarakat luas, bisa ikut berpartisipasi,  bisa ikut kontribusi langsung dalam penyaluranya yang sudah terprogram. Jadi sangat jelas pendistribusianya, yaitu ditiap-tiap kecamatan yang di sana terdapat MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) dhuafa,  yatim, panti asuhan juga masjid. “Kami koordinasi langsung dengan RT/ RW, utamanya di daerah  pinggiran kecamatan,” jelas Luluk Masluchah.

Jadi inti dari kegiatan ini hanyalah berbagi. kami menerima donasi, mengelolahnya menjadi makanan dan mendistribusikannya bersama-bersama, bergiliran tiap kecamatan, setiap hari. “Termasuk menunya juga berganti-ganti. Kalau ada sisa dari kegiatan di Bulan Ramadhan, baik uang atau bahan baku kita bagikan sampai habis, tidak tersisa dalam bentuk Sembako. Diakhir kegiatan ini kita pastikan saldonya kembali nol kembali,” tegasnya.

Adapun posko donasi kami  di Taman Suko Asri C5 Sukodono Sidoarjo, dan RMR Jl. Raya Mastrip 421 Kebraon Karang Pilang Surabaya, Juga di Jl. Ikan Mungsing VIII B no 74-76 Perak Surabaya. nas

Komentar