Elfadh Aqeelah Zahidah Fadly Mewakili Sidoarjo Dalam Kompetisi Hafiz Indonesia 2021

Dari kiri Luqman Mualim, Elfadh Aqeelah Zahidah Fadly dan M. Suherman Fadly. asgi

Sidoarjopos-Diusia belianya, Elfadh Aqeelah Zahidah Fadly (10) asal Sidoarjo ini punya kemampuan luar biasa. Mampu menghafal 10 juz Alquran. Berkat kemampuannya ini Aqeelah bisa menembus kompetisi Hafiz Indonesia 2021 di tv nasional dan bersaing dengan 23 hafiz hafizah dari seluruh Indonesia.

Aqeelah yang didampingi ayahandanya M. Suherman Fadly, ditemui di pendopo balai Desa Semampir Kecamatan Sedati Senin (19/4/2021) menceritakan bahwa anak kelahiran Sidoarjo 23 Desember 2010 ini termotivasi menghafal Alquran karena melihat sang adik yang juga pandai membaca kitab suci umat Islam itu.

Atas kemauan dan dukungan kedua orang tuanya, ketika duduk dibangku kelas 3 sekolah dasar, Aqeelah bahkan sudah mampu mendapat ijazah pengajar Alquran dari salah satu lembaga formal.

Sang ayah menjelaskan prestasi menghafal Alquran yang didapat Aqeelah ini selain didapat dari bimbingan di salah satu yayasan pondok pesantren di kawasan Deltasari Waru, juga kedisiplinan yang diterapkan kedua orangtuanya. “Jadi setiap hari harus setor hafalan,” terang Suherman Fadly.

Kemudian, dalam kesempatan di hari Sabtu dan Minggu yang diberikan sebagai waktu bermain gadget, selalu dimanfaatkan dengan baik oleh anak sulung ini. “Karena dihari itu saja kami izinkan anak-anak bermain hape. Dan yang ditonton Aqeelah adalah kompetisi yang ia ikuti saat ini,” kisahnya.

Suherman Fadly menyatakan motivasi dari menonton channel YouTube itulah yang menguatkan keinginan Aqeelah ikut kompetisi nasional. “Keberangkatan kami ke Jakarta selain syiar agama tapi semacam jihad. Ditengah pandemi Covid-19, dimana seluruh pihak yang terlibat per lima hari dilakukan swab antigen. Sebelum itu dilakukan isolasi mandiri. Ketat luar biasa kita berada di studio dan hotel,” imbuhnya.

Selain menghafal Alquran, ternyata Aqeelah juga pandai berhitung dan memiliki hobi mendandani orang lain seperti make up artist profesional. Dirinya menargetkan saat lulus SD bisa hafal 30 juz. Kemudian target menghafalkan hadist serta mendalami arti.

Kepala Desa Semampir Kecamatan Sedati Luqman Mualim dan seluruh masyarakat merasa bangga atas prestasi Aqeelah ini. “Kita berupaya mensupport. Saya sudah ngobrol bersama wakil bupati. Pemkab juga siap mendukung. Ini aset dan ini tetap harus kita support. Terkhusus di Desa Semampir,” tandasnya. asgi

Komentar